img_head
BERITA

Pengadilan Negeri Lhokseumawe Menggelar Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Jun01

Konten : berita humas
Telah dibaca : 74 Kali

Lhokseumawe, 01 Juni 2024 - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Pengadilan Negeri Lhokseumawe Kelas IB menggelar upacara di halaman gedung kantor pada Sabtu pagi, tepat pukul 08.00 WIB. Upacara ini berlangsung khidmat dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045.”

 

Upacara tersebut dipimpin oleh Ibu Fitriani, SH., MH, sedangkan komandan upacara dipercayakan kepada Sdr. Rizal Bakri, S.H. Acara ini dihadiri oleh seluruh hakim, panitera, sekretaris, serta para pegawai negeri dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Pengadilan Negeri Lhokseumawe. Kehadiran seluruh jajaran Pengadilan Negeri Lhokseumawe menunjukkan semangat kebersamaan dan komitmen dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

 

Namun, Ketua Pengadilan Negeri Lhokseumawe, Bapak Faisal Mahdi, SH., MH, tidak dapat hadir di upacara tersebut karena harus menghadiri persidangan tindak pidana korupsi (Tipikor) di Pengadilan Tipikor Banda Aceh sehari sebelumnya. Meskipun demikian, beliau tetap mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Pengadilan Negeri Banda Aceh.

 

Dalam amanatnya, Ibu Fitriani, SH., MH, menyampaikan pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai momentum untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. “Pancasila adalah dasar negara kita yang menjadi pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Melalui peringatan ini, kita diingatkan kembali untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan,” ujarnya.

 

Selain di Lhokseumawe, berbagai instansi pemerintah dan lembaga pendidikan di seluruh Indonesia juga mengadakan upacara serupa untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pendiri bangsa yang telah merumuskan Pancasila sebagai dasar negara dan filosofi hidup berbangsa dan bernegara.

 

Sebagai informasi tambahan, tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045” dipilih dengan harapan agar Pancasila terus menjadi jiwa dan semangat yang menyatukan seluruh elemen bangsa dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045, yang merupakan peringatan 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

 

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini tidak hanya sebatas seremonial, namun juga diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila yang terdiri dari lima sila, yaitu :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa,
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab,
  3. Persatuan Indonesia,
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan,
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia,

adalah landasan kokoh untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

 

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini diharapkan dapat memperkuat rasa nasionalisme dan patriotisme di kalangan masyarakat, serta meneguhkan komitmen untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa demi mencapai Indonesia Emas 2045.

G A L E R I